welcome to my area

banyak hal yang sebenernya bisa gw bagi disini, dan buat loe semua yang cinta banget sama dunia jurnalistik, disini emang tempat yang pas buat ngungkapin semua uneg-uneg or apa aja yang kerekam di pikiran loe...

salam jurnalis!!

Kamis, 02 Februari 2012

special character for indigo

siapa sih yang ga pernah denger istilah indigo yangmana populer sebagai suatu  program salah satu statsiun televisi terkenal di Indonesia?

tapi kali ini, gw bukan mau ngebahas mengenai program tersebut, melainkan ingin mengorek lebih jauh tentang apa indigo sebenarnya. jika kita pikir-pikir, istilah indigo terkesan misterius dan dekat dengan hal-hal yang bersifat spritual dan sulit untuk dijelaskan secara ilmiah. mungkin kajian ilmu yang bisa membantu dalam hal ini adalah secara psikologis atau metafisika.

indigo berasal dari bahasa Spanyol yang berarti Nila. Istilah indigo menunjukkan warna aura dalam warna kehidupan mereka. Indigo sendiri juga terkait dengan indra keenam yang terletak pada cakra mata ketiga yang menggambarkan intuisi dan kekuatan batin yang luar biasa tajam yang melebihi kemampuan orang kebanyakan. Kebanyakan dari mereka memiliki kelebihan dengan bakat yang luar biasa atau secara akademik mempunyai prestasi. Anak indigo juga mampu menunjukkan empati yang sangat dalam dan mudah merasa iba serta tampak bijaksana untuk anak seusianya. Bakat yang luar biasa ini juga terkadang dikaitkan dengan hal-hal mistik, sehubungan dengan kemampuannya memprediksi suatu kejadian yang belum terjadi maupun kejadian di masa lalu. padahal kemamouan tersebut murni merupakan suatu kelebihan kerja daya otak bila dibandingkan dengan orang-orang normal pada umumnya.

seorang indigo cenderung memiliki keinginan yang tinggi dan akan memberontak apabila terlalu ketat dalam suatu peraturan, mereka adalah orang-orang yang introvert dan selalu merasa bahwa tidak ada orang yang bisa mengerti kemampuan mereka karena orang-orang terdekat cenderung menganggap mereka aneh. mereka termasuk kedalam kategori cerdas dan kreatif walaupun secara akademik mereka sulit untuk diminta belajar.

Terkait dengan adanya fenomena indigo yang mulai diaangkat ke publik, beberapa ahli menemukan bahwa terdapat 7 cakra di dalam tubuh manusia. yaitu :

1. violet crown(  cakra mahkota)
2. indigo brow( mata ketiga)
3. blue throat (cakra tenggorokan)
4. green heart ( cakra jantung)
5. yellow solar plexus (cakra pusar)
6. orange sacral (cakra sex)
7. red base (cakra dasar)

Ketujuh pusat energi itu masing-masing dimulai dari cakra dasar yang letaknya di dasar tulang punggung. Fungsinya sebagai “akar” penunjang kehidupan, dan dilambangkan dengan warna merah berkilauan. Konon, energi dari Bumi masuk lewat cakra ini. Dia juga yang mengendalikan dan memberi energi pada susunan tulang, sistem otot, dan reproduksi darah.
Cakra kedua (cakra sex) berhubungan dengan aspek seksual. tugasnya mengendalikan dan memberi energi pada organ-organ di rongga panggul, termasuk organ reproduksi, saluran kemih dan sekitarnya.
Cakra utama ketiga dinamai solar plexus. Letaknya di bagian kosong pertemuan antara tulang rusuk dan ulu hati. berfungsi sebagai pusat emosi, seperti berani, ulet, aktif, marah, benci, hingga sakit hati. Selain itu, ia mengendalikan energi pada hati, pankreas, lambung, usus besar, dan usus kecil.
cakra jantung, berpangkal di bagian tengah dada depan dan belakang.Dikenal juga sebagai pusat emosi halus, seperti belas kasih, kedamaian, kegembiraan, keramahan, kepekaan, sumber cinta kasih dan nurani. Juga melambangkan kepedulian terhadap orang lain dan mengendalikan energi pada jantung, kelenjar timus, serta paru-paru.
cakra tenggorokan,merupakan pusat energi yang mengekspresikan pemikiran, perasaan, dan keinginan dan bertanggungjawab atas pemberian energi pada tenggorok, saluran udara, serta kelenjar tiroid.
cakra keenam alias cakra master alias cakra ajna atau mata ketiga.Mengendalikan dan memberi energi pada kelenjar-kelenjar, sistem endokrin, dan cakra utama lainnya. Disebut mata ketiga karena cakra ini juga mengontrol dan mengendalikan kemampuan melihat sesuatu yang bersifat nonfisik.
cakra mahkota. Posisinya paling tinggi di antara pusat energi yang ada, karena terdapat di bagian atas kepala atau ubun-ubun. Karena itulah, dia diberi tanggung jawab mengendalikan dan memberi energi pada kelenjar pineal, sistem saraf, otak serta keseimbangan kiri-kanan.

dalam hal ini orang-orang indigo memiliki keistimewaan karena mereka telah mencapai cakra keenam dan ke tujuh. sedangkan orang-orang normal pada umumnya hanya sampai pada cakra kelima yaitu cakra jantung. adapun keterangan lebih jelas dapat dilihat melalui tampilan grafis berikut.

                                       grafis ketujuh cakra di dalam tubuh manusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar