welcome to my area

banyak hal yang sebenernya bisa gw bagi disini, dan buat loe semua yang cinta banget sama dunia jurnalistik, disini emang tempat yang pas buat ngungkapin semua uneg-uneg or apa aja yang kerekam di pikiran loe...

salam jurnalis!!

Senin, 24 Desember 2012

5 amalan pengganti ibadah haji / umroh..

ibadah haji merupakan salah satu rukun islam, yaitu rukun islam yang ke-5. betapa indahnya bila kita sebagai umat muslim dapat menyempurnakan rukun islam tersebut dengan menunaikan ibadah haji. akan tetapi, tidak semua orang mampu untuk melaksanakan ibadah tersebut. hal ini bisa disebabkan oleh masalah materi bahkan karena ketidaksiapan diri untuk merealisasikannya. di balik alasan tersebut, ternyata ada beberapa amalan yang dapat dilakukan sebagai pengganti ibadah haji/ umroh dan pahalanya kurang lebih setaradengan menunaikan ibadah haji. amalan tersebut adalah sebagai berikut.

1. melaksanakan shalat berjamaah di masjid
rasulullah SAW telah mengajarkan umatnya untuk mengutamakan shalat berjamaah. karena shalat berjamaah lebih utama 27 derajat bila dibandingkan dengan shalat munfarid. dari abu Hummamah, Rasulullah SAW bersabda: barang siapa yang keluar rumah dalam keadaan bersuci untuk menunaikan shalat fardhu, maka pahalanya setara dengan menunaikan haji dan umroh. dan bila kita mengerjakan shalat di masjid, maka setiap langkah yang ditempuh hingga menuju masjid akan menghapus 1 dosa. dan apabila ia menunggu hingga waktu shalat, maka ia akan tetap mendapat pahala. sungguh Allah Swt Maha Pemurah bagi segala umatnya.

2. belajar dan mengajarkan kebaikan di masjid
hal ini dapat dilakukan dengan mengaji, majelis ta'lim, fiqih, serta tadarus Al-Quran. setelah kita mempelajari, tentu saja kita harus mengajarkan kembali kepada orang lain. sehingga ilmu yang kita miliki akan terus mengalir dan tidak terputus. dari Abu Humamah, Rasulullah SAW bersabda: jika kamu pergi menuju masjid dalam keadaan hanya ingin mempelajari kebaikan, maka pahalanya setara dengan naik haji dan sempurna hajinya.

3. menunaikan shalat subuh berjama'ah di masjid
hal ini dapat dilakukan kemudian dilanjutkan dengan berdzikir hingga fajar mulai terbit. Rasulullah SAW bersabda: barangsiapa yang melaksanakan shalat subuh di masjid kemudian dilanjutkan dengan shalat dua rakaat, maka Allah menghapus dosanya hingga terbit fajar dan sempurnalah ibadahnya seperti menunaikan ibadah haji atau umroh. keistimewaan shalat subuh berjama'ah adalah jaminan untuk masuk surga dan dijauhkan dari api neraka. selain itu ketika kita shalat subuh, maka shalat kita akan disaksikan dan di doakan oleh para malaikat dan kita senantiasi diberkahi oleh Allah SWT dengan karunia kebaikan dunia dan akhirat.

4. melaksanakan shalat Dhuha di masjid
shalat sunah yang dapat dikerjakan minimal dua rakaat ini dilaksanakan pada waktu Dhuha, yaiti ketika matahari merayap naik untuk terbit hingga membayang tengah hari. atau sekitar pukul 07.00 sampai pukul 11.00 pagi hari. shalat ini merupakan salah satu shalat sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW karena memiliki keutamaan yang luar biasa. selain mendapatkan pahala yang setara dengan pahala ibadah haji dan umroh, shalat dhuha jg memiliki faedah yang baik bagi kehidupan manusia. faedah tersebut antara melancarkan rezeki, dilindungi dari orang-orang yang ingin berbuat jahat dalam suatu usaha atau pekerjaan.

5. berdzikir panjang setelah menunaikan shalat
berdzikir akan membuat hati kita tentram karena Allah telah memberikan segala karunia yang terkira di dunia. sehingga alangkah baiknya kita mengucapkan asma Allah sebagai bentuk rasa syukur kita kepada-Nya. seseorang yang melakukan dzikir sehabis shalat akan mendapat pahala yang besar dan setara dengan pahala orang yang menunaikan umroh.







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar