welcome to my area

banyak hal yang sebenernya bisa gw bagi disini, dan buat loe semua yang cinta banget sama dunia jurnalistik, disini emang tempat yang pas buat ngungkapin semua uneg-uneg or apa aja yang kerekam di pikiran loe...

salam jurnalis!!

Rabu, 01 Februari 2012

apel untuk penderita alzheimer

pernahkah kalian ngedenger istilah alzheimer sebelumnya?

jika belum, maka loe harus baca artikel yang satu ini. Alzheimer sebenernya merupakan suatu istilah syndrome yang menyerang bagian sel otak sehingga otak tampak berukuran lebih kecil/ mengkerut dari ukuran semula.Penyebab syndrome ini adalah akibat pembentukan suatu plak yang bisa disebut dengan plak pikun. Syndrome ini cenderung dapat terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Sehingga udah bisa dipastikan kalo Alzheimer lebih banyak diderita oleh orang tua. Akan tetapi ada juga beberapa kasus yang mengungkapkan bahwa orang berusia dibawah 50 tahun mengalami Alzheimer.

Alzheimer ditandai dengan perubahan yang bersifat degeneratif pada sejumlah sistem neurotransmitter, termasuk perubahan fungsi pada neural monoaminergik yang melepaskan asam glutamat, noradrenalin, serotonin, dan serangkaian sistem yang dijalankan oleh sistem neurotransmitter.
Adapun gejala yang bisa dilihat apabila seseorang mengidap syndrome ini antara lain, mengalami gangguan memori yang menghambat dalam melakukan pekerjaan, mengalami kesulitan berinteraksi dengan orang lain, sulit untuk berpikir abstrak, perubahan mood dan perilaku, dan masih banyak lagi.

Dari riset yang telah dilakukan para ahli, ternyata penghambat terjadinya Alzheimer salah satunya dengan mengonsumsi buah apel. buah apel mengandung suatu antioksidan yang dapat menghambat pembentukan plak pikun dan kandungan apel tersebut akan membantu dalam menurunkan fragmen protein beta amyloid yang ditemukan pada penderita alzheimer. riset ini dilakukan oleh Thomas B. Shea PhD dari Pusat Seluler Neurobiologi Penelitian Neurodegeneration Universitas Massachusetts bersama timnya. dari riset ini, maka dapat dibuktikan bahwa terdapat hubungan antara nutrisi dengan faktor resiko genetik, terutama yang berkaitan dengan proses degenerasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar