welcome to my area

banyak hal yang sebenernya bisa gw bagi disini, dan buat loe semua yang cinta banget sama dunia jurnalistik, disini emang tempat yang pas buat ngungkapin semua uneg-uneg or apa aja yang kerekam di pikiran loe...

salam jurnalis!!

Senin, 18 Maret 2013

Rum pada blackforest haram??


Siapa yang tak tergoda dengan kenikmatan kue tart atau black forest. Ya semua orang menyukainya. Kue yang popular sebagai kue ulang tahun atau momen istimewa ini terdiri dari beberapa lapisan kue dan terdapat manisan cherry di tiap lapisannya, dibalut cokelat serut, dan ditambah cherry merah segar diatasnya untuk menambah kecantikannya. Black forest juga memiliki aroma khas yang menggelitik hidung . bagaimana hukum mengkonsumsi kue yang mengandung rum?

Begitu banyak makanan yang ditambahkan alkohol dalam pengolahannya. Baik untuk mengingkatkan kualitas suatu bahan dalam makanan tersebut maupun untuk menambah kelezatan rasanya. Selain black forest ada beberapa kue popular yang mengandung alkohol, yaitu kue sus yang isinya fla atau krim yang ditambahkan rum, ada juga cokelat yang diisi dengan brandy atau wine untuk memperkuat aroma dan rasa cokelatnya serta memberikan efek menenangkan. Beberapa jenis roti pun memiliki kandungan alkoho yang berasal dari pengembangnya.
 

Jenis minuman keras yang sering ditambahkan pada kue yaitu rum, rum adalah hasil fermentasi dan destilasi dari air tebu yang merupakan produksi sampingan dari industry gula/ ada rum yang beredar dengan kadar alkohol yang berbeda-beda. Negara-negara penghasil rum adalah di daerah-daerah daratan Karibia dan sepanjang sungai di Guerara, Amerika Selatan. Rum dengan kadar alholo paling tinggi adalah rum dengan fermentasi air tebu yang kemudian emngalami proses pemurnian yang menghasilkan cairan bening yang selanjutnya dimatangkan lagi di dalam drum yang terbuat dari kayu pohon ek. Hany rum murni ini yang dapat langsung diminum alngsung tanpa campuran atau tambahan  lain.  Sementara rum kualitas menengah berwarna cokelat keemasan dan dipakain untuk memasak, membuat kue atau pencampur minuman. Bukan hanya untuk menambah kelezatan pada kue,  ternyata rum jug adijadikan larutan untuk merendam buah-buahan yang akan dicampur kedalam kue agar aromanya lebih kuat dan tahan lama. Pada awalnya rum ditambahkan kedalam kue sebagai bahan pengawet karena pada zaman dulu belum ada lemari es untuk menyimpan bahan makanan.

Masih banyak yang berdalih bahwa alkohol yang terkandung dalam kue akan menguap dalam proses pemasakan. Oleh karena itu hasil kue yang matang tidak lagi mengandung alkohol. Sehingga halal untuk dimakan. Namun tidak demikian yang sebenarnya, seorang professor kimia dari salah satu universitas di Amerika Serikat mengatakan bahwa kandunga alkohol yang ada didalam kue 50% tetap tertinggal dimakan tergantung pada lama pemasakan dan alat masak yang digunakan. Khamar yang berasal dari kata al-khomru adalah sesuatu yang menutup akal pikiran .


"Setiap makanan yang menutupi akal dan pikiran disebut khamar  atau arak".  (HR. Bukhari dan Muslm)

Meskipun sedikit alkohol  yang terkandung dalam kue haram hukumnya. Bahkan orang-orang yang terlibat dalam pembuatan dan distribusinya akan mendapat dosa  yang sama dengan orang yang mengonsumsinya. Rasulullah melaknat sepuluh golongan orang yang berhubungan dengan arak. Yaitu yang memerasnya, meminta diperaskan, meminumnya, yang membawanya, yang minta diantarinya, yang menuangkannya, yang menjualnya, yang makan harganya, yang membelinya dan yang minta dieblikannya. ( HR. Tirmidzi dan Ibnu Madja).

Pada dasarnya rum essence tidak mengandung alkohol namun hanya memberikan aroma dan rasa yang hampir serupa dengan rum aslinya , namun karena prosesnya menggunakan alhol sebagai pelarut, sehingga dimungkinkan ada alkohol yang terkandung dalam hasil akhirnya. MUI telah menetapkan fatwa bahwa segala sesuatu yang menyerupai produk haram, maka hukumnya haram.  Karena AllAh dan rasulnya telah menetapkan makanan yang baik dan halal . tentu saja demi kebaikan dan kesehatan umatnya dan sesungguhnya masih ada bahan-bahan yang halal lagi bermanfaat, yaitu madu salah satu. Selain menciptakan rasa yang tak kalah enak, madu juga telah dikenal manfaatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar